Kisah Mandailing: Ama Ni Marpuli Odong.


Mandailing | Post Terbaru | Bogor | Tag: Willem Iskander.











Sebuah sastra dari mandailing, dari Willem Iskander, tokoh pendidikan Mandailing, sekaligus pahlawan nasional dari Mandailing।


Na mananom namate
Di adu alak marudur
Mamorsan roto pane
Danak na marilu sumursur
Mangihut di pudi na e.

Tolama ia tangis.
Maribohon ate-ate.
Inanta ho laing torkis.
Inangnia na lolotma dung mate.
Amanta ho laing mangolu.

Da gakku daganak diboto amuma.
Anso mardangol danak i.
Ngada be ia marina marama.
Ibo ni roana ngada boti.

Muda na tobang muyu marlindung.
Ale dongan daganjal, muse,
Inang na jobbasa ama na lambok marlindung.
Songondia do i dangol ni ate muyu be?

Dibaon i ma 'le donganta!
Masukkon on tu ate-ate.
Tarimo kasi di Debata.
Mangolu dope amanta inanta.

Parsinta alai lolot torkis gogo.
Ingot poda ni alai sude.
Muda ngada songon i dabo.
Manyolsol k'mu muse.

Muda nida danak na tinggal masusup.
Songon on mada ruai.
Na mambaen ia mardangol on.
Momo do i ro tu ai.


Mandailing, Willem Iskander 1840-1876.

Apakah anda mengenal mandailing? mandailing adalah sebuah suku dari rumpun suku batak. Banyak hal tentang sejarah mandailing belum terungkap, hal ini karena mandailing tidak banyak bercerita dalam teks sejarah mandailing di masa lalu. Namun lewat blog, sebenarnya mandailing bisa diangkat kepermukaan, dan itu buat putra mandailing adalah tugas mulia.
Mandailing sedianya adalah masyarakat yang mendiami hilir batang gadis dan berkembang ke hulu. Tidak mungkin mandailing berasal dari samosir. Karena dengan logika sederhana dan teori penyebaran penduduk, bahwa melayu pertama yang datang dari hindia belakang ke mandailing tentu harus melewati pesisir, setelah itu lalu menerobos ke pedalaman mandailing. Jadi mandailing mustahil dari Samosir.

Mandailing sedianya adalah pemuja leluhur animisme dinamisme seperti layaknya seluruh nusantara pada masanya. Lalu mandailing kontak dengan saudagar China, Arab, dan Belanda. Tetapi pengaruh islamlah yang akhirnya mendominasi pemikiran mandailing. Itu karena Belanda dan Kristen tidak mendapat simpati dari mandailing. Tapi satuhal, Willem Iskander nasution adalah didikan belanda, dan dari kisah ia telah menjadi nasrani.

Tidak berarti perbedaan keyakinan menjadi perselisihan. Mandailing adalah negeri yang nyaman untuk di tinggali. Mandailing adalah mandailing yang sangat toleran dalam perbedaan. Tidak ada kasus seperti Poso, dan Ambon pernah terjadi di Mandailing. Itu disebabkan karena mandailing punya karakter mandailing yang cerdas. Mandailing punya ciri sejak dulu.

Mandailing mempunyai beberapa marga penting, diantaranya, nasution, lubis, rangkuti, pulungan, dan Marpaung.

Belakangan mandailing maju pesat oleh sumber daya alam yang mandailing miliki. Mandailing menghasilkan karet, kualitas kopi mandailing termasuk nomer satu. Mandailing punya hasil hutan. Dan belakangan hutan mandailing tumbuh sangat rimbun.

Demikian rimbunnya hingga mandailing dikepung hutan hujan. Hutan tropis itu menyerang desa desa di mandailing. Sekarang desa-desa itu menjadi hutan lindung yang di kelola oleh departemen kehutanan mandailing dan di danai oleh negara industri besar penghasil gas rumah kaca lewat lembaga mengutip istilah malaysi, "Bangsa Bangsa Bersatu".

Mandailing pada akhirnya akan menjadi negeri seindah fairlytopia dalam kisah barby. Mandailing adalah suku dan ras tertinggi yang pernah ada di mandailing. Tidak ada suku yang lebih hebat selain mandailing, tentunya di mandailing. Dan jika anda senang dengan mandailing, silahkan berkunjung ke mandailing, cobalah makan masakan mandailing, dengarkan kisah mandailing dari penduduk asli mandailing. Dan tentunya sering lah berkunjung blog mandailing natal, koment di mandailing natal dan kalau bisa support blog ini lewat rekening Bank Mandailing no. 115643365789422 atas nama, Mandailing@mandailing.com.


Udah ya.. Capek..
Salam..
Dari.
Mandailin.co.online.ltd.
Share on Google Plus

About Nilton

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 Comment/s:

Jika ada masukan, silahkan ketik di bawah ini. Apa yang saya anggap benar sering kali ternyata salah. Kebaikan buat saya untuk tahu kebenaran dalam versi anda.